4.1.14

Lagu Anak era 90-an

  No comments    
categories: , ,
               

  

Suatu ketika ditengah masa santai ku, sambil menghabiskan sarapan pagi, aku menonton acara TV yang kebetulan waktu itu meliput aktivitas anak kecil. Untunglah anak tersebut adalah anak dari seorang Public Figure sehingga iya tidak canggung lagi berhadapan dengan beberapa kamera wartawan yg meliputnya. Anak tersebut dengan percaya dirinya menyanyi diatas panggung sambil menari tarian ala goyang pinggul yang ia ciptakan sendiri. Mungkin tidak semua anak mendapat keberanian yang sama dengan anak tersebut, menyanyi dan menari tanpa canggungnya didepan beberapa kamera wartawan.

“punya bakat seni, seperti orang tuanya” gumamku dalam hati.

    Tapi ada pemandangan yang berbeda. Anak sekecil itu menyanyikan lagu-lagu orang dewasa yang entah bagaimana ia bisa menghafal lirik tersebut. Bisa dipastikan ia tidak memahami isi dari lirik lagu yang ia nyanyikan. Suatu hal yang berbeda dengan beberapa tahun kebelakang, tepatnya masa kecilku era tahun 90an. Masa-masa itu banyak sekali pencipta lagu anak-anak dan juga artis cilik. Yah, kita sebut saja beberapa diantara pencipta lagu anak yang popular dimasa itu, seperti; At Mahmud, Ibu Sud dan Pak Kasur. Yang menarik adalah mereka menciptakan lagu anak dengan lirik yang sederhana didengar tetapi, memiliki makna dan filosofi yang mendalam mengenai kehidupan sehari-hari dan juga Indonesia.

    Tidak banyak yang menyadari bahwa amat bermaknanya lirik dari lagu anak karya beliau yang telah dikemas dengan sedemikian rupa tersebut. Sebuah pemandangan yang berbeda dimasa saat ini dimana kita semua bisa dikatakan kehilangan pencipta lagu anak. Ada baik kalau lagu-lagu anak terdahulu kembali dikemas dalam bentuk modern sehingga lagu yang bertemakan "Bermain sambil Belajar" ini dapat dinyanyikan kembali oleh anak-anak masa kini.



Apa ada yang tidak sependapat dengan saya? Mari kita sama-sama mendengar beberapa lagu karya beliau………..



    

Pak Nelayan
Tak kan ada ikan gurih di meja makan
Tanpa ada jerih payah nelayan
Daging ikan sumber gizi bermutu tinggi
Diperlukan semua manusia
Tiap malam mengembara di lautan
Ombak badai menghadang dan menerjang
Pak Nelayan tak gentar dalam dharmanya
Demi kita yang membutuhkan pangan



Peramah dan Sopan - Pak Dal 
l



Pergi Belajar - Ibu Sud



Pemandangan - At Mahmud



Sekuntum Mawar - At Mahmud


Sembari menulis Blog ini saya teringat dengan satu buah lagu anak yang sangat epic  untuk didengar...... 




Sumber: Courtesy of Youtube

0 komentar:

Post a Comment