21.3.13

Kedudukan Wanita dalam Kehidupan Masyarakat China (part 2)

  1 comment    
categories: ,


Gerakkan Wanita China dalam Penyetaraan Gender.

Asal mula gerakkan wanita China dalam penyetaraan gender adalah pada saat zaman komunis dimulai. Adanya pengaruh barat dalam proses perubahan sistem pemerintahan feodal ke sistem pemerintahan republik, telah menjadi suatu landasan penting bagi wanita China dalam penyetaraan gender. Ketika Mao berkuasa, salah satu keyakinan Mao yang paling menonjol adalah untuk menilai bagaimana suatu bangsa yang adil, dengan melihat cara yang adil itu adalah untuk wanita. Melalui cara ini Mao berhasil menghilangkan perbedaan antara laki-laki dan wanita. Mulai saat itu tidak sedikit wanita China yang mulai belajar disekolah, sama-sama memegang buku merah, bahkan sampai kedalam dunia politik.

Perubahan posisi wanita China dikehidupan masyarakat dan keluarga dalam zaman sejarah dan revolusi di China telah menjadi suatu pengalaman dasar yang membangkitkan perjuangan wanita China untuk maju dalam penyetaraan gender atau emansipasi bagi wanita China. Semua wanita China baik para pekerja, petani, dan mahasiswa semua bahu membahu berjuang untuk penyetaraan gender. Mereka berjuang untuk mendapatkan hak suara dalam peranan wanita didalam masyarakat dan keluarga.

Pada masa pemerintahan Mao (1945-1976), pemerintah berhasil mengurangi jumlah wanita yang buta aksara, bahkan pada masa itu wanita China mulai diperkejakkan dalam kegiatan ekonomi dan pilitik. Dengan adanya kelompok-kelompok aktivis wanita China, telah banyak membantu bagi wanita China untuk mendapatkan kebebasan berusaha, pendidikan, dalam masyarakat China selama revolusi berlangsung. Salah satu organisasi wanita yang terkenal di China adalah Assosiation China Women Federation (ACWF).

ACWF pertama didirikan pada tanggal 3 april 1945, yang bertujuan untuk melindungi hak-hak wanita dan kepentingan wanita dalam mempromosikan penyetaraan gender antara laki-laki dan wanita. ACWF ini didirikan oleh Partai Komunis China (PKC) pada masa pemerintahan Mao, untuk memobilisasi wanita dalam pembangunan ekonomi dan reformasi sosial. Mao telah banyak membantu dalam perjuangan wanita untuk penyetaraan gender, misalnya, membantu meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan wanita. Tidak sedikit yang berpendapat salah satu langkah Mao dalam penyetaraan gender wanita adalah langkah untuk melwana Partai Nasionalis pada saat itu. Namun pada kenyataanya peningkatan status terus berlangsung, hingga saat ini wanita China bebas memilih pekerjaan dan karir mereka.

Meskipun telah ada emansipasi dalam status wanita China, tapi sifat diskriminasi dalam masyarakat telah membudaya dalam masyarakat China. Masih terdapat beberapa kesenjangan sosial antara laki-laki dan wanita terutama didaerah pedesaan. Dalam bidang pendidikan pun wanita China yang hidup diderah pedesaan banyak sekali halangan yang menghambat mereka untuk bersekolah, hal ini menjadi salah satu faktor yang memperlambat pemberantasan buta aksara pada wanita China oleh kebijakan Mao.

ACWF sendiri memiliki beberapa tugas dalam pelaksanaanya yaitu;

  1. Untuk menyatukan dan memobilisasi perempuan agar terlibat dalam reformasi China dan membuka program, dalam modernisasi sosialis negeri dan memajukan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial.
  2.  Untuk mendidik dan menawarkan bimbingan pada para perempuan untuk memperkuat semangat harga diri, kepercayaan diri, kemandirian dan self-perbaikan, untuk meningkatkan keterampilan teknis dan profesional dan untuk meningkatkan kompetensi mereka secara keseluruhan. 
  3. Untuk mewakili kaum perempuan dalam partisipasi dalam manajemen, pengambilan keputusan-demokratis dan pengawasan urusan negara dan masyarakat, dan dalam perumusan undang-undang, dekrit, peraturan dan kebijakan tentang perempuan dan anak, untuk mempromosikan pelaksanaan program nasional pada wanita dan anak-anak pembangunan, dan untuk melindungi hak hukum dan kepentingan mereka.
  4. Untuk memberikan layanan kepada perempuan dan anak dengan memperkuat koordinasi dengan semua sektor masyarakat dan mendesak mereka untuk bekerja demi kepentingan terbaik perempuan dan anak.
  5. Untuk mengkonsolidasikan persatuan di antara perempuan dari segala bangsa di China, untuk mengembangkan hubungan persahabatan dengan perempuan dan organisasi perempuan di Hong Kong Daerah Administratif Khusus, Daerah Administratif Khusus Macao, Taiwan dan dengan perempuan Tionghoa diluar negeri dan untuk mempromosikan penyebab besar reunifikasi China. Untuk aktif mengembangkan pertukaran ramah dengan perempuan dan organisasi-organisasi perempuan dari negara-negara lain untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik, persahabatan dan kerjasama, dan untuk menjaga perdamaian dunia.


Organisasi kekuasaan tertinggi ACWF adalah Kongres Nasional Perempuan Cina. Hal ini diselenggarakan setiap lima tahun sekali untuk membicarakan dan memutuskan pedoman, tugas dan isu-isu utama, kajian gerakan perempuan nasional dan mendukung laporan kerja Komite Eksekutif ACWF, mengamandemen konstitusi ACWF dan memilih Komite Eksekutif ACWF. Sampai saat ini ada beberapa organisasi wanita China yang ikut membantu misi dari ACWF yaitu;
·         Komite Nasional Asosiasi Perempuan Muda Kristen China.

Didirikan pada tahun 1923, Komite Nasional YWCAS China adalah layanan publik dalam semangat Kristus, yang bertujuan untuk mempromosikan moral, intelektual, fisik dan sosial pengembangan perempuan, memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan membawa manfaat bagi orang.


  •   Komite Perempuan Berbakat China

 Didirikan pada bulan Juni 1963, Komite Perempuan Berbakat China terdiri dari orang-orang dalam berbagai kalangan dirumah dan diluar negeri yang memiliki kemampuan melakukan penelitian akademik dan mengabdikan untuk penelitian pengembangan orang berbakat. Hal ini bertujuan untuk mempelajari masalah pada bakat perempuan, masalah perempuan tumbuh menjadi orang-orang berbakat, mempromosikan perkembangan perempuan berbakat dan memberikan peranan penuh dengan peran perempuan dalam pembangunan ekonomi dan reformasi dan membuka China.


  •  Asosiasi Pengusaha Perempuan China.

Didirikan pada tahun 1985, Asosiasi Pengusaha Perempuan China memiliki 33 anggota kelompok dan lebih dari 7.000 orang anggota diseluruh provinsi, daerah otonom dan kota langsung dibawah Pemerintah Pusat, yang bertujuan untuk melayani hati dan jiwa pengusaha perempuan.


  •  Assosiasi Ilmuwan Perempuan China

Didirikan pada tahun 1985, Asosiasi Ilmuwan Perempuan China memiliki 2.000 anggota, bertujuan untuk meningkatkan pertukaran akademis dan mempromosikan saling pengertian dan hubungan bersahabat di antara para ulama wanita berbagai kalangan dalam dan luar negeri.


  •   Asosiasi Geologi Perempuan China.

Didirikan pada bulan Maret 1990, fungsi utama dari Asosiasi Geologi Perempuan China adalah untuk menyediakan ahli geologi perempuan dan ilmuwan dengan lebih banyak kemungkinan ilmiah dan pertukaran teknologi dan kerjasama dan untuk mempublikasikan peran perempuan di bidang geologi.


  •   Komite Federasi Pekerja Perempuan China-Serikat Buru.

Didirikan pada tanggal 5 Februari 1991, Buruh Perempuan Komite Federasi All China-Serikat Buruh adalah organisasi demokratis dan representatif bagi tenaga kerja wanita. Fungsi utama organisai ini untuk melindungi hak hukum perempuan pekerja dan minat khusus dan melakukan pekerjaan yang berbeda sesuai dengan karakteristik perempuan pekerja dan kehendak.


  • Assosiasi Walikota Perempuan

Didirikan pada bulan Maret 1991, Assosiasi Walikota Perempuan melalui berbagai kegiatan, mempelajari masalah umum yang terjadi pada walikota perempuan, mempublikasikan perempuan prestasi walikota dan membangun citra baik walikota perempuan, sehingga dapat meningkatkan kualitas walikota wanita secara keseluruhan dan mempromosikan pembangunan perkotaan.



  • Komite Perempuan Masyarakat untuk Kemajuan Daerah Base Revolusioner.

Didirikan pada tanggal 22 Maret 1991, Komite Perempuan Masyarakat untuk Kemajuan yang wilayah Revolusioner Base adalah departemen fungsional untuk bekerja pada perempuan didaerah basis revolusioner, yang bertujuan untuk melayani masyarakat di daerah basis revolusioner disegi material dan bangunan moral.


  • Assosiasi Pekerja Ilmiah dan Teknologi Perempuan China.

Didirikan pada tanggal 30 September 1993, Assosiasi Pekerja Ilmiah dan Teknologi Perempuan China adalah kelompok nirlaba yang diselenggarakan secara sukarela oleh perempuan dalam bidang ilmuan dan teknologi, serta perempuan yang peduli untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini bertujuan untuk mendorong dan mendukung pekerja wanita ilmiah dan teknologi untuk merawat dan berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, ekonomi, politik dan masyarakat, bersatu perempuan pekerja ilmiah dan teknologi bersama-sama, memberikan bermain penuh untuk kemampuan mereka, dan meningkatkan kualitas mereka secara keseluruhan.


  • Assosiasi Pariwisata Perempuan China.

Didirikan pada tanggal 20 Januari, 1994, Assosiasi Pariwisata Perempuan China adalah sebagai asosiasi nasional bagi perempuan dalam industri pariwisata. Hal ini terdiri dari anggota mengelola perempuan dalam depatemen pariwisata dan departemen yang berhubungan dengan industri pariwisata, serta ahli perempuan dan sarjana yang melakukan penelitian tentang pariwisata.


  •  Assosiasi Perempuan Perencanaan Kota China.

Didirikan pada tanggal 8 Maret 1994, fungsi utama Assosiasi ini adalah untuk meningkatkan pertukaran akademis, mempromosikan teknologi maju, meningkatkan kemampuan profesional dalam perencana kota, mencerminkan pandangan dan saran.


  •  Asosiasi Hakim Perempuan China

Didirikan pada tanggal 7 Mei 1994, Asosiasi Hakim Perempun China  memiliki 29 anggota kelompok dan 17.528 individu anggota. Hal ini bertujuan untuk menyatukan hakim perempuan di China untuk belajar intensif tentang hukum, memperbesar pengetahuan, meningkatkan kualitas dan status hakim perempuan, mencerminkan suara hakim perempuan dan melindungi hak-hak dan kepentingan mereka yang sah. Hal ini juga mempublikasikan hukum dan menyediakan orang dengan layanan konseling pada hukum.


  • Asosiasi Procurators Perempuan China.

Didirikan pada tanggal 17 Nopember 1994, Asosiasi Procurators Perempuan China bertujuan untuk melakukan penelitian pada teori profesional dan isu praktek, meningkatkan kualitas belajar, memfasilitasi pertukaran pengalaman perempuan procurators dalam melaksanakan hukum, dan meningkatkan kualitas mereka sendiri. Ini memiliki 26.000 anggota saat ini.


  •    Asosiasi Fotografer Perempuan China.

Didirikan pada tanggal 18 April 1995, Asosiasi Fotografer Perempuan China adalah akademis kelompok massa terdiri dari fotografer profesional dan amatir perempuan. Hal utama memegang kegiatan pameran bagi para fotografer perempuan, penelitian akademik, profesional pelatihan dan pelayanan konseling, serta meningkatkan pertukaran dikalangan fotografer wanita
dari kedua rumah dan negara-negara lain. saat ini memiliki 243 anggota.


  •  Assosiasi Pengusaha Perempuan China.

Didirikan pada tanggal 25 Mei 1995, Asosiasi ini adalah asosiasi keanggotaan pengusaha perempuan seluruh China dalam bidang Industri dan Perdagangan. Anggotanya adalah seluruh wanita seperti presiden, manajer, direksi pabrik dan karyawan senior direkomendasikan oleh federasi lokal industri dan perdagangan. Saat ini memiliki 200 anggota.


  •  Assosiasi Dokter Wanita China.

Didirikan pada tanggal 6 Juli 1995, Assosiasi ini bertujuan untuk menyatukan perempuan pekerja medis untuk mengabdikan diri dalam program modernisasi, meningkatkan penelitian akademik obat-obatan, memperkuat saling pengertian, pertukaran dan kerjasama di antara perempuan kesehatan pekerja. 

1 comment:

  1. WhatsApp 085 244 015 689
    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D

    ReplyDelete