26.3.13

Mengenal Sanjiao dan Pemujaan Leluhur

  No comments    
categories: 

San jiao

Pada dasarnya sudut pandang dalam ajaran orang china selalu mengembalikan hakikat keharmonisan antara kehidupan dilangit (alam gaib) dan kehidupan dibumi (alam dunia nyata). Dalam kehidupan masyarakat China terdapat tiga ajaran yang mereka yang mereka anut yaitu konfusianisme, taoisme, budhisme. Ketiga ajaran ini saling menyatu dalam kehidupan merekan dan dikenal dengan san jiao (tiga ajaran). Dalam kehidupannya, orang china memang sangat toleran terhadap soal-soal agama, setiap agama dianggap sangat baik dan bermanfaat, begitu pula dengan ajaran konfusianisme, taoisme, budha yang mempunyai banyak kesamaan  pandangan dan saling membutuhkan sehingga ketiga ajaran tersebut bersatu padu.

Konfusianisme adalah ajaran yang diajarkan oleh kong zi. Kunfusianisme memang dipandang sebagai agama tetapi sebenarnya kofusianisme hanya mengajarkan tentang hubungan manusia dan ketatanegaraan. Kunfusianisme atau konghuchu dapat berarti juga humanisme dengan tujan yang ingin dicapai adalah kesejahteraan manusia dalam hubungan yang harmonis dengan masyarakatnya. Secara praktis ajaran konfusius ini mengajarkan tentang: stuktur hubungan, etiket prilaku dan tata tertib. Moralitas merupakan realisasi dari rancangan manusia, tujuan manusia yang paling tinggi adalah menemukan cara untuk mempersatukan manusia dengan manusia lainnya (seluruh isi alam) agar tejalin hubungan yang harmonis. Garis besar ajaran konfusius antara lain:
·         ren (prikemanusiaan) mencintai sesama manusia, menjalin hubungan saling menghormati antar sesama.
·         yi (kelayakan) melakukan sesuatu perbuatan hendaknya dilakukan berdasarkan perbuatan yang layak dan pantas dilakukan oleh manusia.
·          dao (cara berlaku seseorang) jalan yang harus ditempuh manusia untuk mencapai kebahagian yang universal.
·          zheng ming (pembetulan nama) agar nama seseorang dengan artinya mendapat keselarasan.
·          li (etiket) kebijaksanaan yang digunakan untuk mengevaluasi apakah suatu perbuatan itu benar atau salah.
·          Xiao/hao (bakti) anak hendaknya berbakti kepada orang tuanya.
Konfusianisme atau konghuchu dianggap telah berjasa dalam mengajarkan dasar-dasar moral yang sampai sekarang masih terus diterapkan.


Daoisme merupakan ajaran yang dikemukakan oleh Lao tze. Menurut data yang ada Daoisme adalah agama yang tertua di dunia. Kitab ajaran Dao bernama kitab “Dao De Qing” yang ditulis oleh Lao tze, dalam kitab Dao De Qing memuat ajaran bahwa seharusnya manusia mengikuti geraknya (hukum alam). Dao mengajarkan prinsip untuk tidak melakukan apa-apa, mengikuti jalan, mempercayai dunia gaib, dan pencarian keabadian. Ajaran Dao diakui sebagai ajaran yang secara garis besar telah mempengaruhi cara berpikir masyarakat china.


Budhisme masuk ke china pada zaman dinasti tang, yang dibawa oleh pendeta fe hien. Pendiri agama budha adalah sidharta gautama. Budha mengajarkan untuk tidak melakukan sesuatu, percaya pada nirwana (surga), meditasi, dan pencarian keabadian. Meditasi dilakukan untuk mencari ketenangan jiwa. Budhisme mengalami perkembangan sendiri dinegara china, sehingga terlahirlah konsep reinkarnasi yaitu kepercayan roh di alam baka bahwa manusia akan terlahir kembali didunia sebagai manusia yang baru dan telah lupa akan kehidupan sebelumnya.



Ketiga ajaran ini (san jiao) bertujuan untuk mencari nilai-nilai kebajikkan dan menghindarkan manusia dari penderitaan.


Pemujaan leluhur 



Masyarakat china adalah masyarakat yang memuja leluhur, pemujaan leluhur dilakukan sebagai wujud bakti seorang anak kepada orang tuanya. Pemujaan leluhur ini telah berlangsung pada zaman kong zi, ini dikarenakkan ajaran konfusianisme yang mengutamakan bakti kepada orang tua. Pemujaan leluhur dapat dilakukan dengan sederhana dirumah yaitu dengan cara penyembahan (mendoakan) leluhur mereka yang nama-namanya diletakan diatas meja abu (tablet). Makna pemujaan leluhur itu sendiri adalah untuk menyejahterakan bagi keluarga yang ditinggalkan, mengingatkan adanya kehidupan sesudah kematian, dengan sesajian yang tercukupi untuk kebutuhan leluhur yang meninggal, dengan memohon doa untuk keluarga yang ditinggalkan agar mendapat restu dari para leluhur.

0 komentar:

Post a Comment