6.3.13

Kesusasteraan China

  1 comment    
categories: 
  Sastra adalah hasil karya dalam bentuk lisan maupun tulisan yang memberikan kepuasan tersendiri.
·       
  •          Menurut Danziger&Jhonson (1961) sastra merupakan cabang seni yang menggunakan bahasa sebagai medianya.

  • ·         Menurut Daiches (1964) sastra merupakan suatu karya menyampaikan suatu jenis bantuan yang tidak bisa diberikan oleh pengetahuan yang lein yakni memberikan karya yang unik dan pengetahuan yang memperkaya pembacanya.


Fungsi sastra:
1.       Penghibur.
2.       Bermanfaat bagi pembacanya.
3.       Media komunikasi melibatkan pengarang (pengirim pesan), karyanya (pesan), dan pembacanya (penerima pesan).

·         Sejarah sastra sejalan dengan sejarah kehidupan manusia.
    Perkembangan sastra pada awalnya banyak terjadi dikalangan rakyat jelata melalui lisan hingga kemudian tercipta alat tulis dikalangan atas.
  
Sastra antara konvensi dan tradisi.
õ      Konvensi: suatu kesepakatan yang sudah diterima orang banyak dan sudah menjadi tradisi. Ex: nyekar kekuburan ketika sebelum lebaran. Berkaitan dengan konteks budaya dalam masyarakat.
õ 
         Konvensi dasar adalah penggolongan jenis sastra menjadi 3:
o   Prosa: isinya tidak berbentuk dialog, cerita tentang sejarah dan kejadian-kejadian. Ex: roman, dongeng, tarian , autibografi, anekdot. Unsur prosa: tokoh, alur, latar.
o   Puisi: mengisyaratkan 2 hal, indah dan menghibur tapi jg bermanfaat dan menghasilkan sesuatu. Menurut William Wordsworth adalah luapan emosi spontan dari perasaan yang kuat. Menurut Roman Jacobson sebagai fungsi yang mengerahkan persaan yang ditimbulkan dari teks itu sendiri. Tidak ditulis seperti teks kaidahnya tidak selalu mengikutu kebahasaan. Puisi yang tertua adalah Mantra. Puisi lirik banyak mengeksplorasi. Epik: sajak naratif. Sajak  terikat: Soneta, Quantrine, Pantun, Sajak bebas. Kode: sajak yang diberikan dalam bentuk pujian untuk seorang tokoh dari peristiwa yang besar.  Ode : sajak yang dituliskan di atas nisan makam seseorang. Elegi: sajak yang bertuliskan duka,cita/rasa kesal terhardap sesuatu yang sangat berharga.
o   Drama: genre sastra yang penampilan fisiknya menampilkan secara verbal adanya dialog”  antara tokoh juga adanya lokasi.
Drama :    
§  Drama kertas, ex: naskah drama untuk dipentaskan, dapat menrik jika dipentskan.
§  Drama baca yang tidak diniatkan untuk dipentaskan.

Drama dari cara pengungkapannya:

§  Opera:  lebih mengutamakan nyanyian.
§ Operet: tidak selalu disajikan dalam nyanyian, adajuga dialog biasanya disajikan dalam satu babak.

Drama dari cara penyajianya:

§  Tragedy: drama yang kisah ujungnya berakhir dengan duka.
§  Komedi: menghadirkan gelak tawa.
§  Tragikomedi: suka&duka.
§  Melodrama: opera yang disempurnakan dengan music.
§  Farce: bersifat karikatural, komedi.

Kesusateraan China awal” dinasti.

Tahun 1766 sebelum masehi-awal peradaban-awal dinasti shang, berpusat dikota yin(), pada masa inilah ditemukan jia gu wen (中骨文) aksara ditulis diatas batu dan tempurung kura” oleh seseorang yang bernama fuxi (伏羲). Huruf china merupakan lambang dari benda” (bentuk pektograf).
Bentuk sebenarnya dari jia gu wen adalah guratan yang digunakan sebaga ramalan. Belum ditemukan aksara lain. Namun sebelumnya bangsa China telah mengenal ba gua(八卦) hexagram yang digunakan untuk meramal. Aksara china dipengaruhi oleh 3 aliran: konfusianisme, daoisme, buddhisme.

Sastra dinasti chou.

            Cikal bakal kesusateraan china: nyanyian ritual pada leluhur dan nyanyian petani. Awal dinasti Chou, kaisar ingin sekali mengetahui apa yang sedang berkembang didalam masyarakat (apakah sedang berkecukupan, sedang atau kurang). Kemudian kaisar mengadakan profesi pemetik sajak  yaitu seorang pegawai istana wanita/pria yang tidak memiliki anak/suami/istri yang bertugas berkeliling negeri dan mencatat nyanyian atau sajak yang berkembang disuatu daerah. Setelah terkumpul, diserahkan kepada perdana mentri lalu kaisar.
            Fungsi pemetik sajak: kemasyarakatan dan ketatanegaraan. Dari segi kemasyarakatan, pemerintah telah membantu member penghidupan kaum lansia sebuah pekerjaan agar kelak punya tempat bergantung meskipun tidak punya anak. Dari segi ketatanegaraan, kaisar dapat mengetahui apa yang seddang berkembang dalam masyarakat serta isi hati dan pikiran mereka sehingga kaisar dapat mengambil kebijakan yang tepat.
Pada masa negara” berperang, lahirlah seorang sastrawan, filsuf besar yang bernama konfusius kong zi (孔子) atau kong fu zi ( 孔夫子). Kontribusinya untuk peradaban China sangat banyak dan sangat luar biasa. Konfusius memilah” sajak dan puisi” dari para pemetik sajak yang kemudian dikompulkan dan disusun dalam sebuah kitab shi jing (诗经). Selain itu ia menyusun kitab” lainnya:
  •      Yi jing (易经) book of changes/kitab perubahan: menerangkan segala sesuatu yang berubah, dibuat berdasarkan ba gua, terdiri dari 64 buah diagram yang terdapat didalam ji gu wen, kombinasi 64 buah diagram menerangkan hal” yang filosofis, karena setiap diagram mewakili kekuatan alam yang pasif maupun aktif seperti air,api, kilat,bumi dsb. Juga memuat 64 buah essai pendek yang memuat/ berkaitan dengan moral dan social
  • Shi jing (诗经) book of odes/hasil dari pemetik sajak: terdiri dari 305 syair yang menjadi dasar utama kesusasteraan China:

§  Guo feng (国风): terdiri dari 160 buah syair menceritakan tentang suasana negara dengan himpunan nyanyian negara tersebut.
§  Xiao ya (小雅): terdiri dari 74 buah syair, berisi nyanyian pesta kecil khusus untuk para raja.
§  Da ya (大雅) :terdiri dar 31 syair, berisi nyanyian pesta besar kenegaraan.
§  Song () :terdiri dari 40 syair, berisi doa yang dipanjatkan dikuil leluhur.
  •    Shu jing/shi jing (书经/史经) book of history: berisi tenteng kisah raja yao, shun dan yu dan sejarah permulaan masa chou bara dan masa chou timur.
  •   Li ji (礼记) book of notes/ kitab catatan: berisi tentang aat istiadat, sopan santun dan aturan social. 
  •   Chun qiu (春秋) book of spring and autumn annuals: tekenal dengan nama catatan sejarah negara lu yang disusun secara kronologis antara tahun 722-484 sm. Didalamnya terdapat cerita tentang kemenangan, kematian, pembangunan dan  gejala” alam.


Kong zi memiliki beberapa pengikut yang didalam perkembangannya menjadi para pemkir dan pembesar China yaitu:
1.       Li er (李儿)/ li zi(李子). Kitabnya dao de jing (道德经)pencetus daoisme. Awal nya li er anak biasa, tapi karena saking pinternya diberi nama Lao zi (老子).
2.    Zhuang zi (壯子). Pengikut  Lao dan…… ajaran dao mempelajari bahwa segala sesuatu itu mengalir dalam hidup, selalu ada arah yang alamiah yang disebut Tranformasi. Jika dibandingkan dengan konfisius ajaran ini cenderung labih bebas.
3.       Meng zi (孟子). Menulis 4 buah kitab:
§ Da xue (大学), berisi tentang hal” yang bersifat filosofis dan sangat mendalam. “the great learning”.
§  Lun yu (论语) ”Analects”, terdiri dari 24 jilid mengenai pandangan konfusius terhadap topic” yang bvariasi yang semuanya mengajarkan moral.
§  Zhong yong (中庸) “The Doctrine of mean” perluasan prinsip” konfusius yang berhubungan dengan bawaan lahir manusia dan kebenaran dari dunia.
§  Meng zi (孟子) / Mencius, 7 buah buku pepatah mengenai perbuatan manusia dan memperoleh kemenangan setelah memiliki konfusius.



Sastra zaman negara berperang.

·         Salah satu filsuf yang muncul, mo zi (墨子) atau Mo ti, dengan hanfei seorang tokoh aliran undang” ajarannya Hanfeizi 韩非子.
·         Abad ke-6 ada ahli strategi bernama sun zi 孙子yang mengarang sebuah buku: Bin fa 宾法atau The Art of War yang terdiri dari 13 bagian, bikunya selain berisi strategi perang dapat pula dipakai dalam hal” lainnya.
·         Abad ke-4 ada seorang negarawan dan sastrawan bernama qu yuan 屈原 dilahirkan pada tahun 340sm di negeri chuketika itu masyarakat china pada masa perubahaan, ia khawatir pada korupsi, ia mngusulkan untuk diadakan perubahaan pada strategi politik (reformasi politik) dengan hanya memperkerjakan orang” yang memiliki intregritas tinggi dan kompetnsi yang tinggi dalam melayani masyarakat. Kemudian berniat untuk negerinya beraliansi dengan negeri (dalam bidang politik) Qi untuk menghadapi serangan (konfrontasi) negeri Qin . namun niatnya tersebut mendapat tantangan oleh orang” yang korupsi dalam istana yang diwakili oleh pembantu dekat kaisar (jin shan) dan permaisuri kesayangan kaisar (zheng xiu) keduanya memfitnah qu yuan yan kemudian diusir dari kota ying dan mengembara menuju kota xia pu. Dalam pengembaraan nya, ia banyak menghasikan syair tenteng keprihatinan terhadap negaranya (mentri dan rakyatnya), diantaranyalisao 离骚( the lament), jiu ge 九歌 (nine odes), jiu zhang 九章(nine chapter). Tahun 278 SM, negeri Qin menyerbu ibu kota Yin dan keruntuhan zhu hanya tinggal menunggu waktu saja. Qu yuan saat itu berusia 62 tahun dan kemudian ia memegang batu dan terus menyebur ke sungai Miluo, dekat kota Chang sa, prov Hunan. Orang” yang mendengar mencoba mencari jasadnya dengan menggunakan perahu. Bacang-duan wu jie 端午节-tanggal 5 bulan 5 festival perahu naga atau festival sastrawan 诗人节.


Sastra pada zaman dinasti Qin (221-207 SM)

            Karya sastranya sangat beragam Karena pada saat itu (213 SM),  kitab” klasik ajaran kong tse dibakar oleh kaisar Qin shi huang ti kaisar yang bertangan besi ini, ia menyuruh membakar kitab” konfusius dan membunuh ±300 sarjana. Hanya satu orang sarjana yang selamat dan hingg saat itu hanya meninggalkan tembok raksasa (Wan li chang cheng).

Sastra zaman dinasti Han 汉代(200SM-200M)

  • *      Berkembangnya prosa dalam bentuk Fu (music), fu timbul dari rakyat lalu diambil oleh sarjana” sastra dan diolah menjadi bentuk lain. Pada masa ini sastrawan banyak yang menyukai fu.

  • *      Berkembangnya puisi  1 baris 5 kata, wu yan shi 五言诗

  • *      Berkembangnya biro music fu, tugasnya mengumpulkan nyanyian” dan sajak yang ada dirakyat dan juga mengumpulkan alat music dari seluruh negeri.

  • *      Berdirinya sekolah di istana, oleh karena itu ujian ini diikuti oleh masyarakat untuk menjadi pejabat negara.

  • *      Dimulainya system ujian negara, yg diujikan adalah 4 kitab 5 klasika si shu wu jing 四书五经 .


Tokoh” sastra pada masa dinasti  Han:
1.       Chao zi, terkenal dengan “wadah kebijaksanaan”, ia menulis tentang kriminalitas terjadi karena kemiskinan menyebabkan kelaparan menyebabkan penindakan atas tanah pertanian menyebabkan tidak adanya ikiatan dengan tanah kelahiran
2.       Li ling(abad 2-1M) seorang panglima perang, setelah kembali berperang dengan memimpin 800 pasukan berkuda, kemudian ditugaskan untuk membasmi para perusuh. Kemudian ia menciptakan wu yan shi.
3.       Lu wen xu (abad 7 SM) seorang pengembara, belajar secara ortodidak tentang hokum, hingga banyak menulis tentang hukum.
4.       Lu xiang (80-89 sm)setelah dipenjara dan dibebaskan, ia menulis komentar buku musim semi dan gugur karya Gu liang ia juga menulis kembali sebuah episode sejarah berjudul zhan guo ce 占国策.
5.       Yang  xiong (53-18) seorang sastrawan, senang membaca dan akupuntur, ia menulis setiap kamus kata dan frase. Menulis perbandingan untuk setiap kaisar.
6.       Ma jung (79-166), terkenal dengan sarjana universal, ia memperkenalkan system cetakkan huruf yang di kecilkan dan menulis zhong jing 忠经(classic of loyalty).
7.       Cai yong (133-192 M) , terkenal dengan sebutan dewa mabuk, suka menulis teks” lima klasik diatas 46 buah kayu dengan tinta merah.
8.       Cheng xuan (127-200 M), sangat giat membuat komentar atas kitab klasik konfusius. Ia mampu meminumnya arak sampai 300 cawan sambil duduk tanpa terganggu pikirannya.

1 comment:

  1. WhatsApp 085 244 015 689
    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D



    WhatsApp 085 244 015 689
    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D





    WhatsApp 085 244 015 689
    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D



    ReplyDelete